Kamis, Oktober 09, 2008

Turbin Air PVC

Bahan-bahan:
Besi plat (tebal 0.9-1 mm) uk 19x19 cm.
2 bilah papan panjang 22 cm lebar (umumnya) 19.5 cm.
50 cm pipa pralon 2 in.
2 bh. bearing no 608ZZ.
1 btg. baut 4 mm (panjangnya 1 m) + 12 mur.
1 btg. baut 6 mm (panjangnya 1 m) + 10 mur: sebagai as.
Mata bor kipas 10 mm dan 21 mm. Mata bor besi 4 mm, 6 mm dan 8 mm (atau beli yg satu set, lebih murah).
Sedikit seng aluminium tipis.
½ kg resin dan 1ons katalis fiberglas.

Cara membuat turbinnya:
-Bentuklah besi plat menjadi bulat (atau oktagon bila sulit), bagi menjadi 20 sudut. Dari titik tengah ukur 5 cm, tandai di tiap 90 derajat lalu bor dengan mata bor 6 mm. Bor titik tengah dengan mata bor 8 mm.
-Potong baut batangan 4 mm (kunci 10) menjadi 4 bh. Potong pula baut batangan 6 mm (kunci 12) sepanjang 40 cm.
-Bagi pipa pralon menjadi 4 bagian memanjang. Caranya: lingkarkan kertas hvs sesuai ukuran pipa, maka dari kertas itu bagilah menjadi 4. Kemudian lingkarkan kembali dan tandai sepanjang pipa. Potong pipa 10 cm sehingga menjadi 5 batang, baru potong tiap-tiap batang menjadi 4, sehingga berjumlah 20 bh.
-Pasang baut 4 mm tsb, mur luar-dalam pada tiap lubang. Ukur agar tiap baut sama tinggi. Pada bagian depannya jangan dulu dikeraskan, tujuannya agar pada waktu memasang potongan pralon mudah.
-Pasang baut 6 mm, bagian belakang keluar 5 cm, sisanya kedepan; mur luar-dalam.
-Pasanglah pralon-pralon menurut gambar, dengan pola per 4 pralon, sehingga akan terdapat 4 rongga sebagai ruang untuk memasukkan resin kebagian dalam. Setelah rata, baru kencangkan mur2 nya.
-Campur ¼ gelas (plastik bekas) resin + 2 tetes katalis, aduk cepat. Bila kurang, boleh ditambah.
-Dengan kuas kecil, ulas resin ke dasar semua pralon2 luar-dalam, sekedar supaya tidak terlepas saja, tapi hanya pada salah satu plat dulu (jgn sampai mengenai baut dan mur). Biarkan sampai kering. Usahakan mengulas dengan cepat, karena resin mudah sekali mengental, apalagi bila katalis terlalu banyak.
-Setelah kering, ulangi langkah diatas pada plat yg lain. Kali ini ulasan resin lebih tebal dan lebih lebar kedalam (kecuali bagian pralon2 yg belum terpasang).
-Bila semua pralon sudah terpasang, terlapis dan kering, lepaskan keempat baut 4 mm dari plat. Guntinglah seng aluminium sepanjang diameter baut 6 mm, lebarnya setebal bearing. Lingkarkan kebaut, masukkan bearingnya, pres dengan mur sampai mentok. Berlaku untuk kedua bearing. Tujuannya agar bearing menjadi ketat menempel pada baut (as).


Cara membuat rumahnya:
-Potong papan menjadi 2 bagian yang sama (@ 19.5 x 22 cm). Tentukan titik tengahnya, lalu bagi 4. Tentukan 1 cm dari tiap2 pojok sebagai guide agar kedua papan simetris. Satukan kedua papan, bor titik2 pojok dengan mata bor 6 mm. Bor titik tengah dengan mata bor 4 mm. Pisahkan papan. Bor titik tengah masing2 papan dengan bor kipas 21 mm, dalam 5 mm (sesuai dg diameter & tebal bearing). Setelah itu bor kembali titik tengah dengan bor kipas 10 mm. Mata2 bor kipas harganya lebih murah dibandingkan mata bor biasa.
Gabungkanlah semuanya. Gunakan baut batangan 4 mm ex turbin sbg guidance. Usahakan agar turbin dapat berputar bebas.
Untuk tutupnya bisa dipergunakan fiber meteran, seng atau plat aluminium.














3 komentar:

  1. masih belum, karena masih jarang pulang & karang pegang komputer. jadi untuk prakteknya belum ada waktu...
    sekarang udah mulai baca2 dan banyak waktu luang a.k.a nganggur (heheheheh...)
    kalo misalnya berhasil bikin, terus saya presentasiin di kelurahan boleh ga? biar bisa dimanfaatin orang sekampung.. (tetep pake nama mas tentunya...)

    BalasHapus
  2. @ Koyit,
    silahkan saja. Semoga berhasil.

    BalasHapus
  3. kasi data tentang TURBIN AIR dalam PDF dunk

    BalasHapus

Document to PDF

Mengenai Saya

Foto Saya
bogor, jawa barat, Indonesia

Geo IP Tool