Kamis, Oktober 09, 2008

Turbin Angin Type Savonious


Type Savonious:

Type savonious, atau dikenal dengan sebutan kincir angin sumbu vertical (VAWT= vertical axis wind turbine), lebih sederhana dalam konstruksinya. Tidak perlu ada pengarah angin, karena dapat berputar oleh tiupan angin dari segala arah, dan tidak akan mengalami overspeed. Kekurangannya adalah tingkat efisiensinya sangat rendah yaitu sekitar 40% saja, dibandingkan dengan kincir angin sumbu horizontal. Namun demikian, type savonious ini selalu dapat berputar walaupun tiupan angin rendah. Itulah sebabnya mengapa saya menggunakan kincir angin type ini karena dapat saya tempatkan disembarang tempat. Terlebih bila ditempatkan disisi jalan raya yang ramai kendaraan akan lebih baik; cuma ada rasa was-was takut dicuri!
Ketinggian penempatan minimal 6 meter dari permukaan tanah, lebih bagus bila disekelilingnya terbuka.


Bahan-bahan:
1 baut batangan 6mm + mur
1 baut batangan 4mm + mur
2 bh triplex 6mm dibuat bulat uk: 23 cm
½ m plastik fiber yg tipis; atau ½ m seng plat tipis
pralon ½ in + 2 sok + 2 knee
2 bh laher no. 608ZZ
½ kg resin fiber + 1ons katalis
papan uk 35 cm sebagai dasar
2 psg mur+ baut 4mm pjg 3 cm


Cara membuat:

Setelah triplex dibuat bulat, tentukan titik tengahnya, bagilah menjadi 20 sudut. Dari titik tengah buat lingkaran 8.4 cm. Potonglah garis-garis miring (lih gambar) dengan gergaji besi. Bisa juga bila dibagi menjadi 12-16 sudu, karena lebih banyak daun lebih mudah berputar walaupun tiupan angin kecil. Dari titik tengah juga ukur 5 cm pada tiap- tiap garis 45 derajat (4 titik). Gabungkan kedua triplex, lalu bor dengan mata bor 6 mm. Bor juga titik tengahnya dengan mata bor 8 mm. Pisahkan kedua triplex.
Potong baut batangan 4 mm menjadi 4 (@ 25 cm), lalu masukkan kedalam 4 lubang. Kencangkan ke 4 baut batangan tsb dengan mur luar dalam pada salah satu triplex. Dengan mur didalam pada ujung baut lainnya, masukkan triplex yg sisa, lalu samakan tingginya pada tiap-tiap baut, kemudian kencangkan.
Tentukan titik tengah papan, bagi menjadi 4 bagian, gambar lingkaran selebar papannya lalu bor. Taruh susunan coil diatasnya (lihat pada posting Membuat Generator), gunakan sekrup untuk mengikat diatas papan.







Model lainnya:







Lebih lengkap disini.


3 komentar:

  1. Berapa kecepatan angin minimal, dan dari prototype yang dibuat, berapa outputnya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. halomas, salam kenal, mas untuk stator atau rotornya ad jual gak yg dah jadi karena d daerah asay bahan-bahnnya cukup sulit didapat seperti magnet prmanennya, klo ad tlg kirim aj informasinya ke e-mail saya zart_d@yahoo.cm

    BalasHapus
  3. Itulah kendala bagi banyak orang, tidak mudah mendapatkan magnet permanen. Kunjungi blog saya yang satu lagi-serupa tapi tak sama- di http://tonytaufik.wordpress.com/. Ada alamat toko yang menjual aneka magnet. Coba hubungi apakah bisa mengirim via pos/jasa paket.
    Atau cari di loakan magnet sepeda motor bekas. Atau kalau mau terima jadi, beli saja dinamo amper mobil (alternator). Kesulitannya tentu saja harus diputar min 1000rpm, dan harus kuat angin/air yang mendorongnya.
    Anda memberi saya alamat email yang tidak lengkap, maka terpaksa saya balas disini.
    Salam.

    BalasHapus

Document to PDF

Mengenai Saya

Foto Saya
bogor, jawa barat, Indonesia

Geo IP Tool